L O A D I N G
blog banner

Makin Populer di Masa Pandemi, Aplikasi TikTok Capai 1 Miliar Pengguna

Siapa yang tidak mengenal dengan TikTok, aplikasi yang tengah naik daun saat ini. Aplikasi untuk membuat video singkat dan lucu yang beberapa tahun lalu sempat membawa naik nama Bowo TikTok ini semakin menjadi popular di tengah masa karantina akibat virus Corona saat ini.

Orang-orang yang sudah sekitar satu bulan hanya berdiam diri di rumah, kini mulai mencari hiburan baru dengan mengunduh dan memasang aplikasi TikTok untuk mengatasi rasa bosan. Hal itu terbukti dengan munculnya beragam tren video TikTok di social media akhir ini, mulai dari video terbang, goyang mamah muda, hingga video mas-mas berambut jambul dan diiringi dengan lagu “ding ding madding ding”.

Hal tersebut ternyata juga berdampak pada meningkatnya jumlah penggunanya. Seperti yang tercatat pada statistik di aplikasi Google Play Store, kini TikTok telah mencapai total pengguna hingga lebih dari 1M. Tentu saja ini sebuah pencapaian yang tidak terduga. Bagaimana tidak, jika kita menilik kembali ke belakang, beberapa tahun lalu TikTok merupakan aplikasi yang dicap sebagai aplikasi “anak alay”, namun siapa sangka, kini mulai dari yang muda hingga tua, aktif membuat video menggunakan aplikasi ini.

Sebelumnya pada situs Teknolagi telah disampaikan bahwa ternyata TikTok juga sudah mencapai total unduhan lebih dari 1M, hanya saja angka tersebut merupakan akumulasi dari keseluruhan total download di Google Play Store dan App Store, baik dari versi regional hingga versi lite miliknya.

Akan tetapi, dengan bertambahnya jumlah pengguna secara drastis, aplikasi yang dikembangkan oleh developer dari negara tirai bambu ini terpaksa harus menurunkan kualitas video yang dapat diputar. Hal ini karena penggunaan bandwith yang meningkat pesat. Namun, tenang, karena peraturan ini hanya berlaku satu bulan dan khusus untuk negara wilayah eropa.

Dalam masa pandemi menghadapi virus corona saat ini, TikTok juga tidak lupa untuk ikut berpartisipasi dalam memberikan kontribusi berupa donasi pada beberapa negara, salah satunya Indonesia yang mendapatkan donasi senilai 100 M untuk membantu mempercepat penanganan kasus corona saat ini. Selain Indonesia, ada pula beberapa negara lainnya dan jika ditotal, donasi yang dikeluarkan oleh TikTok telah mencapai sekitar 5,9 triliun rupiah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *