L O A D I N G
blog banner

Waspada Penyakit Jantung

Jantung berfungsi untuk memompa darah dan menyebarkannya ke seluruh tubuh. Hal ini yang menyebabkan jantung menjadi salah satu organ terpenting dalam tubuh manusia. Dikarenakan fungsinya yang sangat penting, penyakit jantung merupakan penyakit yang ditakuti banyak orang. Sebab penyakit jantung merupakan salah satu penyakit yang paling mematikan. Terdapat banyak gejala dari penyakit jantung, seperti mudah lelah, susah tidur, napas berat, jantung berdebar, atau detak jantung yang tidak beraturan.

Penyakit jantung terjadi karena ada beberapa kondisi yang mempengaruhi kinerja jantung dalam memompa darah. Contohnya, penyakit pembuluh darah, penyempitan pembuluh darah, penyumbatan pembuluh darah, penyakit arteri koroner, cacat jantung bawaan, atau gangguan detak jantung. Bila kondisi-kondisi tersebut terjadi pada jantung, maka dapat menyebabkan serangan jantung bahkan stroke. Lalu bagaimana cara mencegah terjadinya penyakit jantung?

Guna mencegah penyakit jantung, Anda harus memiliki dan menjaga pola hidup yang sehat. Berhenti merokok dan minum minuman beralkohol untuk menjaga pola hidup yang sehat. Konsumsilah makanan dengan gizi yang seimbang. Hindarilah jenis makanan yang berkolesterol tinggi, seperti gorengan, makanan cepat saji, jeroan binatang, mentega, dan kuning telur. Makanan yang berkolesterol tinggi dapat menyebabkan penyumbatan arteri jantung dan memicu serangan jantung. Selain itu, hindari juga makanan yang berkadar gula tinggi dan selalu kontrol konsumsi gula Anda dalam sehari. Makanan yang berkadar gula tinggi dapat meningkatkan resiko terkena diabetes. Diabetes tinggi merupakan salah satu pemicu penyakit jantung.

Selain dengan menjaga pola makan Anda, penting juga untuk melakukan olahraga dengan rutin. Sebab olahraga rutin dapat menjaga tekanan darah dan kadar kolesterol tetap normal. Olahraga yang rutin juga dapat membantu Anda untuk mendapatkan berat badan yang ideal. Orang yang memiliki kelebihan berat badan memiliki resiko penyakit jantung yang lebih besar. Sebab kelebihan berat badan menyebabkan tekanan darah dan kolesterol tinggi, dimana akan memicu terjadinya penyakit jantung.

Dengan menjaga pola hidup yang sehat, resiko Anda terkena penyakit jantung menjadi lebih kecil. Namun, apabila Anda merasakan gejala-gejala penyakit jantung seperti yang dijelaskan diatas, maka sebaiknya periksalah ke dokter spesialis jantung. Sebab penanganan yang tepat dapat meminimalkan dampak terhadap kesehatan tubuh Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *