L O A D I N G
blog banner

Latihan Kardio dan Otot dengan Memanfaatkan Peralatan di Rumah

Sudah sekitar satu bulan lebih kita menghadapi masa pandemi di Indonesia dan melakukan karantina mandiri dengan mengikuti seruan di rumah saja. Selama di rumah tentu saja tidak semua hal bisa dilakukan seperti biasanya, contohnya seperti melakukan gym. Jika sebelum masa pandemi kamu bisa berolahraga dengan peratan lengkap di tempat gym, namun setelah datangnya virus corona, kamu harus dibuat melakukannya dengan peralatan seadanya.

Namun, tidak perlu khawatir. Meskipun kamu hanya memiliki peralatan olahraga yang terbatas, kamu juga bisa membuat peralatan olahraga ala-ala dengan memanfaaatkan beragam peralatan yang ada di rumah. Jadi, meskipun tidak ke tempat gym, kamu tetap dapat menjaga tubuh agar tetap bugar dengan melakukan home workout dimana saja, bisa di dapur, ruang tamu, atau di lokasi manapun di rumah.

Lalu, ide seperti apa yang bisa diterapkan di rumah? Yuk baca terus artikel ini hingga selesai.

  1. Menggunakan Tangga

Jika rumah kamu bertingkat dan terdapat tangga, kamu bisa memanfaatkannya sebagai pengganti latihan kardio dan menjaga agar jantung kamu tetap sehat. Kamu bisa melakukan latihan naik turun tangga selama beberapa menit. Eits, tapi tetap hati-hati dalam menapaki anak tangga ya.

Selain dapat digunakan untuk berlatih kardio, tangga juga dapat kamu manfaatkan untuk melakukan gerakan sederhana seperti latihan lunges.

  1. Menggunakan Kursi

Bagi seseorang yang sudah terbiasa dengan home workout, pasti sudah tahu bahwa kursi dapat membantu dalam melakukan banyak gerakan. Adapun beberapa macam gerakan yang bisa kamu lakukan dengan bantuan kursi, yaitu gerakan raised push up, leg raises, leg squat, dan beberapa gerakan menyehatkan lainnya.

Sebagai tips tambahan, sebelum memulai melakukan latihan, pastikan dulu ya bahwa kursi yang kamu gunakan masih kokoh. Sehingga tidak berisiko menyebabkan cidera saat sedang melakukan latihan.

  1. Menggunakan Bahan Makanan

Saat di masa pandemic seperti ini, tidak semua peralatan bisa kita kumpulkan di rumah, meskipun hanya peralatan mendasar, seperti dumbel. Meski demikian, kamu tetap bisa kok melatih otot-otot kamu dengan memanfaatkan bahan makanan yang ada di dapur kamu.

Contohnya, kamu bisa memanfaatkan kemasan mineral berukuran 1,5 liter atau pun ukuran lainnya dan diisi dengan material air atau lainnya. Kamu bisa melakukan gerakan dengan repitisi yang disesuaikan dengan kemampuan kamu. Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan benda-benda di sekitar, namun tetap pastikan aman saat digunakan ya.

Nah, selain tiga ide di atas, kamu juga bisa melakukan kreasi lainnya agar bisa tetap bugar meskipun hanya di rumah saja. Semoga bermanfaat dan salam sehat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *