L O A D I N G
blog banner

Mean, Pengertian Dan Rumus Lengkap Dengan Contoh Soal!

Hallo sobat matematika, tentu kamu sudah menanti artikel ini kan? Ya, kali ini kit akan membahas seputar mean, materi pada pelajaran matematika. Mendengar namanya saja pasti sudah bikin penasaran kan? Yuk langsung simak penjelasannya!

  • Pengertian mean

Mean adalah nilai rata-rata, yang cara memperolehnya ialah dengan menambahkan seluruh data yang ada kemudian membaginya dengan banyak data. Mean ini biasanya dipakai untuk mengetahui rata-rata nilai ujian siswa kelas, atau untuk mengetahui rata-rata penghasilan dan sebagainya.

  • Macam-macam mean

Terdapat dua jenis Mean atau rata-rata ini, dan keduanya sama-sama mudah dipelajari. Yang pertama adalah mean data tunggal, biasa digunakan untuk mencari nilai rata-rata data dalam jumlah kecil. Dan yang kedua adalah mean data kelompok, dimana perbedaannya adalah terdapat interval atau panjang kelas.

Kedua jenis atau macam-macam mean itu memiliki rumus dan cara pengerjaan yang berbeda. Tetapi bagi sobat matematika pasti lebih memilih untuk mengerjakan mean data tunggal kan? Itu karena rumus yang digunakan pun sangat mudah.

  • Rumus mean

Beberapa orang pasti mengira bahwa rumus mean itu sangat mudah, eits tunggu dulu. Yang dikira mudah juga belum tentu bisa mengerjakan dengan cepat dan sempurna. Untuk itu perhatikan rumus Mean atau rata-rata ini ya. Karena rumus inilah sebagai bekalmu untuk mengerjakan dengan cepat dan tuntas.

  • Mean data tunggal

Untuk mean data tunggal, rumusnya sama yakni dengan menjumlahkan seluruh nilai pada data yang ada lalu membaginya dengan jumlah atau banyaknya data. Secara matematis dapat dituliskan sebagai berikut

  • Mean data kelompok

Berbeda dengan penjelasan mean data tunggal, pada data kelompok ini rumusnya sedikit lebih rumit. Bisa sobat lihat di bawah ini.

Langkah-langkah yang paling mudah ialah tentukan dahulu nilai tengah dari sebuah data kelompoknya, setelah itu kalikan dengan frekuensi. Hasil dari perkalian tersebut kemudian dibagi dengan jumlah seluruh frekuensi yang ada. Maka akan didapat Mean atau rata-rata.

Nah itulah penjelasan mengenai Mean atau rata-rata, semoga bermanfaat ya. Teruslah belajar dan mendalami ilmu matematika.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *